Saturday, February 16, 2013

presbiopi


Perdana  yoga
Akademi kesehatan rajekwesi bojonegoro

Presbiopi atau mata tua disebabkan karena gaya akomodasi lensa mata tak bekerja dengan baik akibatanya lensa mata tidak dapat menfokuskan cahaya ke titik kuning dengan tepat. sehingga mata tidak bisa melihat yang jauh maupun dekat. gaya akomodasi adalah kemampuan lensa mata untuk mencembung dan memipih. Presbiopi dapat diatasi dengan lensa ganda yang berisi lensa plus dan minus.
Pada penderita ini,daya akomodasi berkurang akibat bertambahnaya usia.oleh karena itu ,letak titik dekat maupun titik jauh mata telah bergeser.jadi mata tua adalah cacat mata akibat berkurangnya daya akomodasi pada usia lanjut.titik dekat presbiopi berada pada jarak tertentu.oleh karena itu penderita presbiopi tidak dapat melihat lebih jauh dan juga tidak dapat membaca pada jarak baca normal.mata presbiopi di tolong dengan kacamata yang berlensa rangkap,untuk melihat jauh dan membaca buku.jenis kacamata yang berfungsi rangkap disebut kacamata bifocal.
Gejala
a.            Kesulitan membaca tulisan dengan cetakan huruf yang halus / kecil
b.            Setelah membaca, mata menjadi merah, berair, dan sering terasa pedih. Bisa juga disertai kelelahan mata dan sakit kepala jika membaca terlalu lama
c.            Membaca dengan menjauhkan kertas yang dibaca atau menegakkan punggungnya karena tulisan tampak kabur pada jarak baca yang biasa (titik dekat mata makin menjauh)
d.            Sukar mengerjakan pekerjaan dengan melihat dekat, terutama di malam hari
e.            Memerlukan sinar yang lebih terang untuk membaca
f.             Terganggu secara emosional dan fisik
g.            Sulit membedakan warna
Cara Pencegahan
Karena disebabkan oleh faktor usia, presbiopi tidak bisa dicegah.
ü Cara Pengobatan
Menggunakan kacamata dengan lensa rangkap.

No comments:

Post a Comment